Adita Irawati Selalu Berkarya Dimanapun Kita Berada | Mobile88

Adita Irawati Selalu Berkarya Dimanapun Kita Berada

Tuesday, July 20, 2010 12:00:00 AM

Adita Irawati

Ibu dua anak ini sebentar lagi akan berkarya di industri yang tantangannya tentu juga baru, “aku tak mungkin pindah ke operator lain, I love Isat so much,”ujarnya dalam pesan BlackBerry Messenger belum lama ini. Dan sorenya, VP PR Indosat, Adita Irawati, pun menggelar acara farewell dengan Media, sebagai “sahabat” dan partner kerja.

Dita- panggilan akrab Adita- sebenarnya sangat menyenangi pekerjaannya itu, entah apa yang membuatnya “hengkang”dari Indosat, hanya Ditalah yang tahu. Belum lama ini penulis mewawancarainya seputar Job dan kegiatannya.

“Senang karena pekerjaan ini sangat dinamis, hal-hal yang dihadapi bisa berganti setiap saat, ketemu dengan berbagai macam karakter. Tetapi yang jelas aku ada di industri telekomunikasi, jadi ini semakin menarik, PR di industri yang lain mungkin agak beda, karena di telekomunikasi seluler, ini retail market, jadi membuat dinamis,”ujar Dita.

“Ya senang, tapi membuthkan komitmen, karena layanan seluler dimana publiknya sagat luas, tak hanya masyarakat, media, pemerintah, dan pelanggan, juga institusi-intitusi yang lain seperti LSM, perlu komitmen kita harus bersedia diakses setiap saat, harus memahami materinya, harus berkoordinasi dengan banyak pihak. Karena saya kan gak mungkin kerja sendiri ya, gak musti data selalu lengkap kan gak mungkin, jadi harus punya hubungan yang baik dengan pemilik data, harus update, jadi ketika dibutuhkan informasiya bisa segera diberikan kepada yang minta,”jelasnya

Meskipun tak memiliki basic sekolah komunikasi tetapi Dita piawai menjalani bidang PR yang ditekuninya, “aku di hubungan international, PR bukanlah ilmu yang sifatnya ilmiah ya, memang ada dasar keilmuannya, tapi mungkin lebihnya banyak ditataran praktis, dan tataran praktis itu biasanya dibentuk dengan jam terbang, pengalaman, dan case-case yang kita hadapi sehingga membuat kita lebih matang,”jelasnya.

Dita pun menjelaskan seperti apa lingkup kerja industry yang membesarkannya itu, menurut Dia, di seluler, consumernya ini bervariasi. “Pengguna seluler di Indonesia, GSM maupun FWA (red: Fixed Wireless Access), orang memperhatikan perusahaan kita atau jasa-jasa perusahaan ada di angka itu. Indosat sendiri memiliki pelanggan 34 juta, jadi 34 juta orang akan memperhatikan Indosat dan layanannya, kalau mereka ada masalah mereka akan complain, kalau itu tidak kita layani dengan baik, konsekuensinya adalah pelayanannya menjadi jelek,”terangnya. “Itu satu sisi, belum lagi Indosat sebagai perusahaan publik, kita harus kasih data terbuka, memberi pelaporan secara berkala, mau diakses oleh siapapun, tetapi harus tetap mengikuti aturan main pasar modal, jadi ini salah satu pointnya di industri seluler yang terbuka. Kita juga harus perhatikan stakeholder yang lain, pasar modal, BEJ, bahkan kita listing di New York juga. Jadi sangat beda dengan industri yang lain, ini juga tak hanya bisnis oriented tapi kita juga harus tahu tentang teknologi, apalagi teknologi seluler juga cepat sekali berubah. Dinamikanya sangat tinggi, teknologi, pemerintah, stakeholdersnya dan akhirnya kita memang harus dituntut terus belajar. Dan membuat kita akhirnya menjadi matang,”

Semangatnya berkarir dan membagi waktu dengan keluarga tentu bisa diimbanginya, karena sebagai wanita yang “mengerti”akan kodratnya, menurut Dita tentu saja harus bisa mengolah waktu. Urusan kantor selesai dan urusan pribadi juga teratasi. Bagaimana memanagenya.

Menurut Dita, pertama komitmen dengan suami dan anak. Karena pekerjaan ini membutuhkan waktu. Ini timeless , sampai rumah kadang masih terima telepon, jadi ini adalah pekerjaanku, ini konsekuensinya dan minta pemahaman kepada mereka. Syukurnya mereka mau memahami, tetapi kita juga harus konsekuen tetap ada waktu khusus untuk mereka. Weekend diupayakan bersama mereka.

Sebagai seorang bos PR di Indosat saat itu, tentu saja ada masalah terberat yang dihadapinya, diakuinya, menghadapi isu yang dihadapi Indosat adalah utamanya. Interest Indosat cukup tinggi. Dari aspek layanan, produk maupun kinerja perusahaan. Karena perhatian banyak, sehingga menjadi pembicaraan, dan pembicaraannya bisa dari aspek positif maupun yang negatif. “Yang sulitnya isu disekitaran Indosat, tetapi bukan di otoritas kita, misalnya isu buy back, bisa ditanggapi secara perusahaan tetapi tidak bisa menanggapi isunya. Untuk isu layanan bisa di manage dengan baik. Kadang ada isu yang harus dipelajari dengan sumber yang gak jelas, kadang membuat kita gimana, tapi mesti harus kita atasi. Tapi lama-lama bisa di atasi, ya kita biasa menjadi bisa, kalau gak dapat ujian berat ya gak pinter-pinter.”Jelasnya.

Sebagai manusia biasa, tentu banyak keinginan yang ingin diraihnya, seiring dengan jalannya waktu dan sebagai Ibu rumah tangga tentu saja banyak keterbatasan, namun keinginan itu tetap ada, “Gue sih pengen sekolah, tetapi cuma masalah waktu, mungkin setelah anak sudah bisa lebih mandiri. Mungkin meneruskan komunikasi atau management. Atau ada yang mau biayain,”ujarnya sembari tertawa.

Sebagai seorang teman dan sahabat, meskipun belakangan ini terlalu dipengaruhi orang lain, Dita memiliki Filosofi hidup yang sangat dasyat, “Biarkanlah mengalir, seperti air,”“Aku sih ngikut aja. Ada sih keinginan-keinginan kedepan mau jadi apa, tapi untuk mencapai kesana gak ngotot gak ngoyo jadi jalani aja, yang namanya jabatan ujian imbalan akan ngikut.”

Semua itu baginya tak jauh dari ajaran orang tuanya.”Dulu waktu kuliah gue ambisius, harus, dan harus bisa, tetapi dengan bertambahnya dewasa, melihat dunia kerja, dengan ambisius membuat kita makin gak bahagia, memang ada sesuatu yang ingin dicapai tetapi kita ini manusia, kita gak bisa fokus satu aja tetapi juga yang lain, jadi mengalir tapi menikmati dan membuat itu jadi yang terbaik, ujung-ujungnya itu dibelakang itu pasti ada muaranya. Selamat tinggal Dita selamat berkarya dimanapun bertugas. 

Odie

Related Stories:
Berkah Ramadhan Makin Plusss Gratisnya! Dari INDOSAT
Gratis Nelpon Sepuasnya Hingga 3 Hari 3 Malam Dari Indosat
Indosat Hadirkan Aplikasi `Indosat BlackBerry`

 
© 2000 - 2015. All Rights Reserved.
Customer Careline: (021)58901520 (ext: 103), 9.00 am - 5.00 pm (Monday - Friday)
support@mobile88.co.id