Terbuka Kerjasama Layanan Broadband | Mobile88

Terbuka Kerjasama Layanan Broadband

Friday, November 19, 2010 12:00:00 AM

 

Telkomsel akan terus mempersiapkan akses jaringan 3G secara nasional. Saat ini baru terealisasi sekitar 70 sampai 80 persen, dan akhir tahun rampung seratus persen. Menurut VP Corcom Telkomsel Aulia E Marinto, dengan selesainya jaringan 3G ini maka layanan data menjadi lebih maksimal, Karena kecepatan akses 3G di atas GPRS.

“Meskipun dari data yang kami miliki sejauh ini akses mobile internet masih lebih besar digunakan untuk browsing dan chatting, dimana layanan tersebut cukup dengan akses GPRS, namun kita siapkan juga layanan yang membutuhkan kecepatan dan kuota data lebih tinggi, ya seperti 3G ini, dan ke depan kita sudah siapkan juga akses HSDPA plus bahkan LTE,” jelas Aulia.

Telkomsel saat ini memiliki sekitar 18 juta pelanggan data dari sekitar 93 juta pelanggan. Diperkirakan akhir tahun hingga dua tahun ke depan pelanggan data Telkomsel meningkat menjadi sekitar 40 sampai 50 juta pelanggan. Namun belum diketahui sebarap besar besar ARPU layanan data, menurut Aulia cukup signifikan, karena berdasarkan tarif dan paket berlangganan yang menggunakan layanan data Telkomsel rata-rata sekitar Rp 100 ribu dan ini jauh lebih besar dari ARPU pengguna voice.

Persiapan penggelarangan jaringan data Telkomsel sejauh ini memang tidak menjadi masalah, bahkan program 24 Broadband City tengah disiapkan, hanya saja, kata Aulia adalah bagaiman penggunaan jaringan data yang telah dibangun tersebut maksimal digunakan, “Ini menjadi tantangan buat operator, sehingga mendapatkan value dari ketersediaan jaringan yang telah dibangun,”

Untuk itu, Telkomsel pun telah menyiapkan banyak program pemanfaatan jaringan tersebut, selain Mobile Advertising, Full Track Musik, serta mengundang 1000 CP untuk memanfaatkan jaringan tersebut.  Menurt Aulia, Telkomsel telah merubah pardigma bisnisnya untuk merangkul industry kreatif tanah air, “banyak yang kreatif di kita, ini kita perlu rangkul, dan birokrasi kerjasama juga kita pangkas, sehingga budaya corporate sedikit kita perkecil, dan bicaranya langsung ke produk, sehingga tidak ada jurang di budaya corporate, karena kita tahu, budaya corporate industri kreatif ini simple sekali, apa yang mereka miliki dan bisa kerjasama ayo kita lakukan,” terang Aulia.

Ini yang menjadi tantangan sekaligus peluang bagi industri kreatif atau konten di tanah air, sebagai operator raksasa di Indonesia, dengan kerjasama terbuka seperti itu, tanpa memandang besar kecil corporate partnernya merupakan kesempatan yang perlu dimanfaatkan industri konten tanah air mencipatakan bisnis yang sangat menjanjikan ini.

“Kita saling membutuhkan, silakan, kita bangun jaringan tol-nya, rest area silakan dibangun, dan kerjasama dengan kita, sehingga menjadikan industri ini terus tumbuh dan semakin menarik.”

Dengan program dan perencanaan seperti ini, diharapkan 24 Broadband City yang tergelar Telkomsel menjadi maksimal dimanfaatkan masyarakat, selain pula dukungan devices baik smartphone dan computer tablet serta netbook dan notebook dengan perangkat modem yang semakin terjangkau dimasyarakat.

Odie

Related Stories:
BPL Mobile Telkomsel Hadirkan Info Lengkap Liga Inggris di Ponsel
Layanan Komunikasi Haji Telkomsel Semurah Tarif Lokal Arab Saudi Tanpa Perlu Ganti Kartu
Telkomsel Luncurkan Paket Internet Terbaik 2 GB dengan Koneksi Tercepat Hingga 7.2 Mbps

 
© 2000 - 2015. All Rights Reserved.
Customer Careline: (021)58901520 (ext: 103), 9.00 am - 5.00 pm (Monday - Friday)
support@mobile88.co.id